“cebooNk Zone”

7 March 2007

Buka Jurusan alat berat

Filed under: CebooNk_EdutaiNment — ceboonk @ 11:10:29

Terobosan baru pada dunia pendidikan vocational, dilakukan perusahaan PT United Tractors Tbk (UT) dan SMK Bhakti Loa Janan Kutai Kartanegara. Dengan ditandatanganinya MoU kerja sama pengelolaan praktik jurusan alat berat di SMK Bhakti, UT menjadi bagian dari program pengembangan siswa pada jurusan baru tersebut. “Tujuan utamanya adalah link and match antara SMK dan dunia perusahaan. Sekaligus menjadi langkah awal pengenalan siswa SMK untuk terlibat langsung pada dunia kerja di perusahaan,” ungkap Harry Murti, kepala Bidang Dikmenjur Dinas Pendidikan Kaltim. Ia juga sangat berharap, output dari kesepakatan ini bisa membuka peluang bagi siswa terkait tergabung di perusahaan. Apalagi, pada pendidikan vocational, pendidikan produktif, porsinya harus melebihi dari pendidikan normatifnya. “Tentu saja harus mengikuti ketentuan dari UT. Saya yakin apa pun hasilnya, semua siswa yang terlibat pada kesepakatan baik ini, akan punya pengalaman yang sangat berharga,” imbuhnya.

Suatu keuntungan sendiri bagi SMK Bhakti. Dengan kesepakatan selama 2 tahun, semua program praktik dilakukan di lokasi UT yang memang berdekatan dengan lokasi SMK Bhakti.

“Khusus pelaksanaan, penyediaan alat dan pembekalan tenaga pengajar disiapkan UT. Sedangkan untuk kurikulum materi pelajarannya, tetap menjadi tanggung jawab pengajar,” ungkap Ventje Sangian, Plh Kepala SMK Bhakti Loa Janan.

Menurutnya, lewat kesepakatan ini, tak hanya siswa yang diuntungkan. Lewat pembekalan bagi tenaga pengajar khusus jurusan alat berat, SMK Bhakti berkesempatan untuk peningkatan mutu tenaga pengajarnya.

“Resminya, hari ini (Selasa 6/3), MoU antara SMK Bhakti dan UT ditandatangani. Tapi, sebenarnya kerja sama antara keduanya sudah dimulai sejak Februari lalu,” ujarnya.

Branch Operation Head UT, Herman Trigunarso, menyatakan, kerja sama seperti ini bukanlah kali pertama dilaksanakan oleh UT. Di Balikpapan, kerja sama serupa dengan Politeknik Balikpapan, telah dicanangkan sejak 4 tahun lalu.

“UT tak hanya perusahaan yang mengejar profit semata. Semua pengembangan pendidikan yang jurusannya sesuai dengan bidang dan program senada, sebisa mungkin kami berdayakan. Apalagi kalau sekolah atau lembaga pendidikan tersebut, ada pada area service UT,” ungkapnya.

Dijelaskannya lagi, program ini diharapkan memberikan kontribusi besar pada pengembangan jurusan sekolah. “Minimal pemahaman dasar pada tenaga pengajar dan siswa terhadap dunia kerja di sini,” imbuhnya.

Tentu saja, materi praktik yang disodorkan oleh UT, disesuaikan dengan tingkatan dan daya serap siswa.

“Minimal lulusan SMK jurusan ini nantinya punya pemahaman dasar tentang maintenance praktis alat berat. Dan itu sudah merupakan modal besar bagi mereka untuk tergabung di perusahaan jasa dengan bidang layanan yang sama,” tukas Wawan Bagus Winarko, training centre area head UT. (*/dhi)

Createdby : KaLtim Post

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: